Mengupas strategi membangun suatu konten dan copywriting untuk marketing
Isitlah copywriting dan content marketing kerap membingungkan audiens karena memiliki sejumlah kemiripan. Nah, apa yang membedakan kedua strategi ini? Mungkinkah copywriting dan content marketing dipadukan sebagai strategi pemasaran bisnis yang optimal? Pada dasarnya, copywriting dan content marketing sama-sama berkaitan dengan berkreasi melalui medium tulisan dan menghasilkan konten kreatif, namun memiliki tujuan yang sangat berbeda. Content marketing secara umum bertujuan untuk memperkenalkan brand kepada calon konsumen melalui konten yang relevan dan bermanfaat. Sementara copywriting bertujuan lebih agresif dan langsung mendorong calon konsumen melakukan tindakan tertentu sesuai dengan pesan yang disampaikan. Copywriting yang baik biasanya padat, ringkas, menarik, kadang menyelipkan unsur humor dan persuasif. Meskipun tujuannya berbeda, kedua strategi ini dapat dipadukan dan menjadi strategi pemasaran yang optimal dan efektif. Artinya, konten yang kamu hasilkan tidak hanya bermanfaat dan mengedukasi audiens, tapi juga mendorong mereka untuk mengambil tindakan yang diharapkan. Tindakan ini dapat berupa berbagai hal, seperti meningkatkan jumlah like, share dan followers media sosial, membangun daftar email, dan yang paling penting dapat meningkatkan penjualan produk.
Tulis ulasan publik